Thursday, December 11, 2008

Straight Thinking

Coba kita meresapi ayat ini...
"... Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..." QS.Ar Ra'd : 11

kata mengubah dalam ayat tersebut bisa kita aplikasikan pada diri kita sendiri, maksud mengubah adalah mengubah ketetapan tujuan hati dan sikap-sikap kita untuk lebih baik. Lantas bagaimana jika kita menemui kendala dalam mengubah ketetapan hati kita dan kita mendapat cobaan dari Allah kita. Mudah kok, sesuai dengan ayat di atas kita juga harus berfikir lurus, kita harus tetap optimis dengan masa yang akan datang dan kita tidak boleh su'udzon pada Allah, kita harus quanudzon khan...

kita tidak boleh takut, harus yakin dengan ketetapan Allah pada diri kita. Karena hidup kita ini hanya akan maju dengan usaha kita, dan Allah adalah pengubah ketetapan yang paling dasyat. Sudah berbagai peristiwa yang aku alami sendiri tentng ketetapan Allah yang tiada terduga. Modalnya hanya berfikir positif atau lurus, atau optimis terhadap mimpi-mimpi kita.

Perlu dipahami hidup memang sulit untuk dijalani, tapi hidup itu indah untuk dilalui. Bukankah Groge Bernard Shaw pernah bilang
"Life is like beautiful melody, only the lyrics are messed up"
So, santai aja kali, bila kita menghadapi masalah janagan bersdih. Boleh sih, tapi ada porsinya! semenit ajah buat nangisnya, lanjutnya harus tetap ceria!

Oh ya, meluruskan pikiran itu bisa bikin badan kita sehat lho!!!!
kata James Allen;
"Seala sesuatu yang dilakukan seseorang adalah reaksi langsung dari apa yang ada dalam pikirannya. Seseorang bisa bangkit dengan kedua kakinya dan beraktifitas, itu karena faktor pikirannya, begitu pula seseorang bisa sakit atau sembuh karena faktor pikirannya."
Tuh khan....

Bahkan pada tingkat tertentu, meluruskan pikiran membuat kita mencapai puncak kebahagaiaan hidup yang sebenarnya! Buktinya Ibnu Taimiah yang teladannya membuat hidup orang muslim seharusnya belajar darinya. Beliau berkata dalam penggasingannya:
"Apa yang dilakukan oleh musuh-musuhku? Tamanku dan surgaku berada dalam dadaku. Membunuhku sama alnya dengan mati syahid, mengasingkanku sama halnya dengan bertamasya. Memenjarakanku sama halnya dengan berkhalawat ( menyendiri dari kematian untuk mendekatkan diri kepada Allah) "

Huhh, begitu indah hidup ini, seperti kata harun Yahya yang bilang bahwa hidup ini penuh dengan keluarbiasaan yang nonsense, bisa tampak sporadis atau berantakan. Tapi semua itu adalah fakta penciptaan yang tak terbantahkan.

So, dengan meluruskan pikiran akan memberi kita kebahagiaan, karena kita bisa membuang segala kecemasan. Amien....

Hehehehehe......

No comments:

Post a Comment

please insert your comment here...